Jelang Cuti Kampanye, Emil dan Oded Pamit kepada ASN Pemkot Bandung

Rakyat Demokrasi - Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berpamit kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bandung. Hal tersebut dilakukan keduanya pada apel di Plaza Balai Kota Bandung, Rabu (14/2/2018).

Jelang Cuti Kampanye, Emil dan Oded Pamit kepada ASN Pemkot Bandung

Sebagaimana diketahui, Ridwan dan Oded sama-sama maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Ridwan telah ditetapkan sebagai Calon Gubernur Jawa Barat. Sedangkan Oded menjadi Calon Wali Kota Bandung. Berdasarkan hal itu, keduanya akan cuti selama masa kampanye mulai 15 Februari 2018 sampai 23 Juni 2018.

Pada kesempatan itu, Ridwan merefleksikan apa yang sudah dilakukan selama 4 tahun Kepemimpinannya. Ia mengapresiasi atas segala kontribusi para ASN dalam membangun Kota Bandung yang lebih baik. Ia juga berterima kasih atas kerja keras para ASN, yang telah menghadirkan perubahan. Dan sebagai buktinya, Kota Bandung meraih 310 penghargaan dalam 4 tahun.

"Di sanalah ada keringat ibu-ibu dan bapak-bapak. Ada keringat pemadam kebakaran yang kerja keras, ada keringat Satpol PP, para pemikir, aparatur kewilayahan, dan lain-lain. Tidak ada kerja sendiri. Jadi kebanggaan itu adalah kebanggaan bersama," tutur Ridwan.

Salah satu prestasi yang paling membanggakan bagi Ridwan adalah diraihnya predikat terbaik Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintaha (LAKIP) selama 3 tahun berturut-turut. Prestasi tersebut meroket, dari urutan 200an di tahun 2013 menjadi urutan pertama di tahun 2014 dan terus konsisten.

Selain itu, berkat inovasi dan kerja bersama, kini Kota Bandung patut berbahagia karena mendapatkan Piala Adipura. Penghargaan itu sebagai wujud perubahan peradaban dari sisi lingkungan. Tak hanya penghargaan nasional, Kota Bandung juga mendapatkan predikat Kota Metropolitan dengan udara terbersih se-ASEAN.

"Saya titip ke kewilayahan sebagai penjaga kenormalan, jangan sampai gang jalan di wilayahnya itu kotor karena sudah ada 1500 tenaga kebersihan, baik di jalan maupun di sungai," ujarnya.

Ridwan juga menitipkan agar ritme, totalitas, dan kecepatan kinerja yang telah dibangun selama ini tidak kendor selama ditinggal cuti. Ia tidak ingin pencapaian-pencapaian yang sudah diraih menjadi mundur.

"Saya juga sudah menghitung selama 4,5 tahun ada 40 proyek infrastruktur, dari mulai jembatan Pelangi Antapani, Teras Cihampelas, Taman Regol, dan lain-lain. Berarti rata-rata dalam setahun ada 10 proyek," jelasnya.

Ia berharap kemajuan tersebut tetap dipertahankan agar Bandung bisa menjadi peradaban yang naik kelas.

"Saya haqqul yakin bahwa Kota Bandung akan aman-aman saja. Kota Bandung mah di kelurahan kecamatan pelayanan tetap juara. Kebersihan di setiap sudut jalanan tetap terjaga," ujarnya.

Hal itu dipertegas oleh Wakil Wali Kota bandung, Oded M Danial. Ia menekankan pada peningkatan implementasi kinerja. "Mang Oded menekankan semoga Bapak Ibu bisa melaksanakan amanat itu selama kami cuti. Saya mengapresiasi atas prestasi selama ini. Di sini semua adil, prestasi semua," tuturnya.

Pada kesempatan itu, hadir pula Ketua TP PKK kota Bandung Atalia Ridwan Kamil. Ia menitipkan kepada seluruh anggota PKK agar tetap berkarya di lapangan. Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh PKK mampu membawa perubahan di masyarakat.

"Saya juga menitipkan kondusivitas di kewilayahan. Karena saya paling banyak menerima curhatan dari ibu-ibu masalah keamanan, rumah tangga, termasuk harga bahan baku. Oleh karena itu saya titipkan terkait hal itu," pintanya.


EmoticonEmoticon