Pemkot Bandung Kembali Resmikan IPAL Komunal di Kel Gumuruh Kec. Batununggal

Rakyat Demokrasi - Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di RT 06 RW 06 Kelurahan Gumuruh Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Jumat (2/2/2018).

Pemkot Bandung Kembali Resmikan IPAL Komunal di Kel Gumuruh Kec. Batununggal

Ini merupakan IPAL bantuan Islamic Development Bank (IDB) Tahun anggaran 2017 kedua yang diresmikan Oded dalam sepekan ini. Sebelumnya, Oded juga meresmikan IPAL komunal di Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung.

Oded menyampaikan, hadirnya IPAL komunal menjadi salah satu bentuk kemajuan masyarakat. Hal itu terbukti karena lingkungan menjadi lebih bersih dan kesehatan lingkungan pun lebih terjaga.

"Alhamdulillah, di RT 06 kelurahan Gumuruh ini sudah ada IPAL komunal. Saya yakin dengan hadirnya tempat tersebut masyarakat lebih paham mengenai kebersihan dan kesehatan," ujar Oded.

Menurutnya, karena sudah mendapatkan dana pembangunan melalui APBD maupun APBN, maka unsur kewilayahan harus mampu memelihara hasil proyek pembangunan. Oded berharap, setelah adanya IPAL tersebut, masyarakat mampu merawatnya dengan rutin.

"Saya harap kepada masyarakat bisa merawat IPAL ini dengan baik. Apalagi pembangunan IPAL komunal ini melibatkan banyak sektor rumah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat Gumuruh Bersih Lingkungan Sehat (KSM GUBLIS ) RT 06 RW 06 Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Bangun Kerta Kelurahan Gumuruh, Ade Ruchiyat menyampaikan, volume IPAL yang berada di wilayah tersebut memiliki luas 15m x 2,2m x 3m dan mampu menampung 70 SR (saluran rumah). IPAL yang bakal digunakan sekitar 245 jiwa ini memiliki jaringan perpipaan sepanjang 222 meter dengan jumlah mainhole 28 buah.

Ditambahkan Ade, IPAL Komunal tersebut dikerjakan selama 90 hari, mulai dari 11 Oktober 2017 sampai 11 Januari 2018.

"Alhamdulillah pengerjaan sesuai jadwal yang telah direncanakan selama 90 hari kerja. Kita harap IPAL ini bisa digunakan sebagaimana layaknya," tutur Ade.

Ia berharap, dengan adanya IPAL Komunal ini tingkat pencemaran lingkungan bisa ditekan dan masyarakat menjadi lebih sehat.

"Saya harap ke depannya IPAL komunal ini bisa dijaga dan dipelihara oleh masyarakat khususnya keluruhan Gumuruh," ujar Ade.

Usai meresmikan IPAL komunal RT 06 RW 06, Wakil Wali Kota Bandung melanjutkan peninjauan ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah) RW 06. Rencananya tempat tersebut akan dilengkapi biodigester.


EmoticonEmoticon