PPDB 2018 SMKN 2 Subang, Peserta Didik Baru akan Dilatih Ketarunaan

Logo SMKN 2 Subang Jawa Barat

Rakyat Demokrasi, Subang - SMKN 2 Subang membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2018/2019. Dengan menawarkan 16 kompetensi keahlian, sekolah ini menerima 864 siswa pada tahun ini. Kompetensi keahliannya meliputi:
  1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultural
  2. Agribisnis dan ternak unggas
  3. Agribisnis pengolahan hasil pertanian
  4. Agribisnis Perikanan Air Tawar
  5. Nautika Kapal Penangkap Ikan
  6. Nautika Kapal Niaga
  7. Teknika Kapal Niaga
  8. Teknik Bisnis Sepeda Motor
  9. Teknik Pemesinan
  10. Teknik Pelayanan Produksi
  11. Rekayasa Perangkat Lunak
  12. Tata Busana
  13. Jasa Boga
  14. Usaha Perjalanan Pariwisata
  15. Teknik kendaraan Ringan Otomotif
  16. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Kepala Sekolah SMKN 2 Subang, Iim Gunawan menyatakan sampai saat ini pendaftar jalur NHUN mencapai 672 orang. Dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini pendaftar mengalami penurunan. Padahal untuk salah satu jurusannya yaitu jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian sudah dibebaskan dari biaya pendidikan. Tetapi sejauh ini untuk pelaksanaan PPDB di SMKN 2 Subang berjalan lancar.

Ada yang berbeda dari SMKN 2 Subang dengan SMK yang lainnya. Di sini para siswa baru dilatih selama 3 bulan pada program dasar ketarunaan. Menurut Iim, diadakannya pelatihan tersebut guna membentuk karakter siswa-siswinya di masa depan.

“Sesuai missi sekolah yaitu membangun sumber daya manusia yang berkarakter, setiap siswa baru akan dilatih dalam program dasar ketarunaan,” ujar Iim saat ditemui pada saat penyelenggaraan PPDB di SMKN 2 Subang, Jalan Kapten Piere Tendean Km 5 Dangdeur, Kabupaten Subang, Senin, 9 Juli 2018.

Salah satu calon peserta didik, Saicin Rofi dari SMPN 1 Pagaden diantar oleh orang tuanya untuk memdaftar di SMKN 2 Subang. Ia memilih jurusan Teknika Kapal Niaga dan telah melewati berbagai macam tes seperti menggambar, menghitung, dan tes fisik. Ia optimis akan lolos melewati jalur NHUN ini.

“Tadi sudah melewati tes menggambar dan menghitung, sampai saat ini semua lancar,” ujar Saicin saat ditemui di sela-sela pendataran PPDB.


EmoticonEmoticon