RI Termasuk Negara di Asia yang Kebal Virus Corona?

RI Termasuk Negara di Asia yang Kebal Virus Corona

RakyatDemokrasi.com -- Penyebaran virus corona (Covid-19) kian luas. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dikutip, Minggu (1/3/2/2020), melaporkan Covid-19 sudah terdeteksi di 57 negara. Totalnya ada 85.641 orang terjangkit, di mana 2.933 orang meninggal dunia dan 39.485 orang berhasil sembuh.

Pada Sabtu (29/2/2020), WHO pun menaikkan tingkat ancaman Covid-19 hingga ke level maksimum. Ini setelah penyebarannya terdeteksi hingga Afrika dan berdampak luas terhadap kondisi perekonomian dunia.

Sejauh ini, China menjadi negara dengan jumlah kasus terbanya, yaitu 79.394 kasus dan 2.838 orang di antaranya meninggal dunia. Meskipun demikian, dari data milik WHO, terdapat sejumlah negara yang dilaporkan belum terpapar virus corona, termasuk di Asia.

Indonesia masuk ke dalam kategori itu. Meskipun terdapat sejumlah pasien suspect yang telah menjalani perawatan, namun hasilnya negatif terinfeksi virus yang bermula dari Wuhan, China.

Status Indonesia itu menuai kecurigaan. Ini lantaran ada jejak perjalanan beberapa warga negara asing (WNA) yang dinyatakan positif di Indonesia. Salah satunya warga Selandia Baru yang sempat transit di Bali, beberapa waktu lalu.

"Saya tidak bermaksud [tidak sopan]. Indonesia memiliki sistem kesehatan yang berbeda dengan Australia. Dan kami memiliki kapasitas yang berbeda untuk memberikan jaminan tersebut," kata PM Australia Scott Morrison seperti dilaporkan cnnindonesia.com, Minggu (1/3/2020).

Australia pun sudah melaporkan kematian pertama akibatCovid-19 hari ini. Ia merupakan pasien di sebuah rumah sakit yang berlokasi di Perth Australia Barat. Pasien tersebut tercatat sebagai penumpang Diamond Princess yang sempat dikarantina di Jepang.

"Belasungkawa kami bersama keluarganya dan ia adalah kematian pertama yang kami alami dari coronavirus di Australia," kata pejabat bidang kesehatan negara bagian Australia Barat, Andrew Robertson dikutip dari Reuters. Keraguan sejumlah pihak, termasuk PM Australia, bukan tanpa alasan. Saat ini Indonesia dikelilingi oleh negara yang sudah melaporkan kasus pasien positif Covid-19 seperti Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, serta Filipina.

Namun, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada pasien positif terjangkit Covid-19 di Indonesia.

"Sekarang Indonesia menjadi salah satu negara yang masih nol (corona). Coba kalau ada di mana itu virus corona," ujarnya.


Selain Indonesia, Korea Utara negara lainnya di Asia yang juga belum melaporkan kasus pasien positif Covid-19. Sementara negara di sekitarnya, China, Korea Selatan, hingga Jepang sudah terserang virus yang salah satu efeknya membuat sesak napas.

Negara komunis itu telah menutup perbatasan dan melarang masuk turis asing dari China untuk mencegah penyebaran virus itu.

Sejumlah pihak menyangsikan klaim belum ada kasus Covid-19 di Korea Utara. Profesor Universitas Korea Selatan Nam Sung-wook yang juga bertugas sebagai Kepala Lembaga Penelitian Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, mengatakan sangat mungkin virus itu ada di Korut.

Arab Saudi juga belum melaporkan kasus warganya positif terjangkit Covid-19. Saudi menjadi salah satu negara di Timur Tengah yang masih 'bersih' dari virus yang pertama kali menyebar dari wilayah China Daratan.

Negara tetangga Saudi dilaporkan sudah terdapat pasien positif terjangkit virus corona, seperti Kuwait, Irak, Bahrain, Uni Emirat Arab, hingga Oman.

Untuk antisipasi penyebaran Covid-19, Saudi langsung mengambil tindakan tegas. Pemerintah Saudi menghentikan sementara visa umrah di tengah merebaknya wabah tersebut.

Turki juga menjadi salah satu negara di Asia yang dilaporkan belum ada kasus pasien positif Covid-19. Sebagian besar wilayah negara itu masuk dalam kawasan Asia, sementara bagian lainnya memang masuk kawasan Eropa.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus itu, Pemerintah Turki telah menutup sementara perbatasan dengan Iran mulai Minggu (23/2/2020). Iran merupakan negara di Timur Tengah dengan pasien positif Covid-19 terbanyak.

"Kami memutuskan untuk menutup perbatasan setelah meningkatnya jumlah penyebaran wabah corona di negara tetangga kami, Iran," kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca.

Berikut daftar negara-negara di Asia yang dilaporkan belum terjangkit Covid berdasarkan data WHO:

1 Indonesia

2 Korea Utara
3 Arab Saudi
4 Turki

5 Laos
6 Myanmar

7 Bangladesh

8 Mongolia

9 Kazakhstan
10 Uzbekistan

11 Kyrgyzstan

12 Tajikistan

13 Turkmenistan
14 Suriah

15 Yordania

16 Yaman


EmoticonEmoticon